Thursday, October 23, 2014

Mengejar Matahari di Pulau Rempah (Bagian 1)

Pulau Ternate, pulau kecil di Provinsi Maluku Utara yang sudah menjadi pusat peradaban sejak abad ke-13. Hingga tahun 2010, berserta pulau-pulau kecil lain di sekitarnya menjadi satu kesatuan kepulauan yang membentuk daerah otonomi: Kota Ternate. Kota ini juga sekaligus menjadi pusat pemerintahan sementara bagi Provinsi Maluku Utara sebelum nantinya akan dipindahkan ke Sofifi yang berada di Pulau Halmahera.






Hari Sabtu lalu, seusai kegiatan kantor, saya menyempatkan berkeliling di pulau rempah ini. Untuk mengelilingi pulau Ternate hanya membutuhkan waktu satu jam menggunakan mobil. Berhubung kegiatan saya baru selesa sore hari, jadi saya hanya baronda (istilah orang sini yang artinya berkeliling atau jalan-jalan) sekitar seperempat putaran pulau saja.




Niat saya dari hati yang terdalam memang murni ingin mengejar sunset. Dari pusat kota Ternate, tinggal mengikuti jalan raya ke arah barat. Kurang lebih 15 menit kemudian saya sampai di Pantai Kastela. Sebelumnya saya tidak tahu nama pantainya. Tahu-tahu lihat aja trus mikir "kok bagus nih tempatnya buat nunggu sunset". Baru setelah saya cari tahu ternyata ini tho yang namanya Pantai Kastela. 







Objek foto menarik bagi pemburu matahari tenggelam di Pantai Kastela ini adalah adanya pohon mati di tepi pantai yang akan membentuk siluet bayangan akibat sinar matahari dari arah barat. Sayangnya spot saya waktu itu kurang ke sisi barat pantai lagi. Lain kali kalau ke Ternate pasti saya kesana lagi langsung menuju spot yang baik dan benar. Hehhe..





Sekian dulu, salam pemburu matahari :)

0 comments :

Post a Comment