Friday, December 11, 2015

Serasa di Pulau Pribadi di Pulau Nusara

Yey Desember! Pasti deh, gatel liat kalender. Ada jatah libur banyak plus kerjaan juga udah mulai enteng, gak sepadet di semester pertama. Weekend kemaren, saya dan teman-teman kantor berencana pergi ke Pulau Nusara. Pulau ini adalah pulau kecil tak berpenghuni yang letaknya tidak jauh dari Pulau Bacan. Untuk menuju kesana cukup dengan carter kapal motor dari Pulau Bacan. Perjalanan yang kami tempuh kurang lebih sekitar 30-45 menit.


Penampakan Pulau Nusara dari kejauhan
Kami bersyukur, cuaca Sabtu lalu sangat cerah. Tidak terlalu berawan dan ombak lautan sangat tenang. Sesampainya di Pulau Nusara, kami serombongan sudah gak sabar buat nyebur ke laut sekitaran Pulau Nusara. Saat masih di atas perahu saja saya udah jejingkrakan gemes begitu bisa melihat terumbu karang yang  nampak begitu jelas bahkan dari atas perahu.


Pulau Nusara ini sebenarnya dijadikan kawasan wisata bahari oleh pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Selatan. Di sini bahkan telah dibangun beberapa cottage dan ruang pertemuan yang disewakan bagi pengunjungnya. Hanya sayangnya, saya kira karena minimnya usaha promosi wisata di sini jadi pulau ini sangat sepi pengunjung. Jadilah waktu saya dan rombongan tiba di sana, jadi berasa menguasai pulau pribadi. 

Masih untung waktu itu ada penjaga Pulau Nusara yang ada di sana, jadi kami bisa menyewa beberapa ban khususnya buat teman-teman kami yang tidak bisa berenang. Hanya sayangnya, kami tidak bisa menyewa peralatan snorkeling, soalnya kata si penjaga pulau, peralatan snorkelingnya lagi dipinjam sama tentara. Yah, akhirnya kami jadinya cuma free-diving aja ( baca: cecemplungan).  

Hanya bermodalkan kacamata renang dan skill berenang yang pas-pasan, akhirnya tercapai juga keinginan saya untuk melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana indahnya dunia bawah laut. Satu kata untuk mendeskripsikannya: INDAH.










Terumbu karang yang saya ambil fotonya ini berada hanya dalam kedalaman 2 - 3 meter saja. Ukurannya pun masih kecil-kecil. Jelas pasti ini masih belum ada apa-apanya. Tapi bagi saya, sungguh ini pengalaman yang luar biasa. Suatu saat semoga ada kesempatan untuk belajar menyelam lebih dalam lagi, agar bisa dibuat takjub lebih dan lebih lagi akan keindahan pesona alam bawah laut.





Note:
Perjalanan ke Pulau Nusara ini sudah saya lakukan setahun yang lalu, tepatnya di hari Sabtu tanggal 13 Desember 2014. Waktu itu saya masih bertugas di Kabupaten Halmahera Selatan yang pusat kotanya ada di Pulau Bacan, yang berjarak 8 jam perjalanan dengan Kapal Laut dari Ternate, ibukota Provinsi Maluku Utara.

Foto-foto dalam air saya jepret sendiri dengan BRICA Action Camera B-PRO5.


Sekian, terimakasih sudah sudi mampir.

1 comment :