Wednesday, August 21, 2013

Jelajah Gunung KIdul: Goa Rancang Kencana

Empat hari setelah dari Pantai Pok Tunggal, saya diajak jalan-jalan lagi ke Gunung Kidul. Kali ini bersama keluarga saya. Tujuan utamanya adalah Air Terjun Sri Gethuk, tapi ternyata kawasan wisata Sri Gethuk ini satu kompleks dengan Goa Rancang Kencana. Tiket masuknya pun sudah jadi satu. Khusus untuk Air Terjun Sri Gethuk akan saya posting setelah postingan ini ya.

Goa Rancang Kencana ini terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Sama seperti yang kurang lebih pernah saya tulis di postingan Pantai Pok Tunggal untuk mencari tempat wisata di Gunung Kidul cukup mudah, karena sudah banyak papan petunjuk. Tinggal ikuti saja, kalau bingung dikit bisa tanya ke penduduk setempat.

Nah, sebenarnya apa sih Goa Rancang Kencana ini? Silahkan googling sendiri yah.. Sudah banyak kok blog yang membahas soal asal-usul Goa Rancang Kencana ini. Hehehe... dasar saya blogger pemalas (-_-")

Okedeh, pokoknya intinya saja, Goa Rancang Kencana ini dulu waktu jaman perang melawan penjajah adalah tempat persembunyian para pejuang kemerdekaan sekaligus juga sebagai tempat untuk merancang strategi untuk menghadapi penjajah. Makanya dinamakan Goa Rancang Kencana.


Sebelah kiri toilet umum, sebelah kanan mushola


Aula Goa Rancang Kencana




Goa Rancang Kencana ini terdiri dari 3 bagian. Di bagian depan disebut aula, karena tempatnya yang luas. Bahkan katanya di situ pernah digunakan untuk mengadakan pertunjukan wayang kulit dan juga pertandingan olahraga. Benar saja karena di aula goa memang ada bekas gambar lapangan badminton. Dari aula goa, masuk ke ruang kecil, kata mas guide-nya di sini dulu sering dijadikan tempat untuk bersemedi. Di ruang kecil ini sudah ada meja batu kecil yang berfungsi sebagai tempat sesaji. Ruangan yang terakhir berukuran lebih besar daripada ruang kecil ini, namun untuk mesuk ke ruang utama ini, pengunjung perlu berhati-hati ketika memasuki lupang pintu, karena ukurannya yang sangat kecil.

Tempat sesaji

Prasasti Prasetya
Di dalam ruang utama goa ini terdapat prasati Pasetya yang bertuliskan nama-nama orang yang dulu suka nongkrong di goa itu. Hehehe... :p Mitosnya nih, di dalam goa ini ada pintu ajaib yang kalau dibuka akan mengantarkan si 'pembuka pintu' itu ke Gunung Merapi.

Katanya dulu di kolong ini dijadikan tempat tidur

Lubang yang menghubungkan ruang kecil dengan ruang utama goa

Perhatikan baik-baik, konon di dinding goa ini ada kunci ajaibnya

Sakin kecilnya lubang pintu mesti begini cara keluar masuknya

Pohon berumur 300 tahun yang menjadi ciri khas goa



Nah, segitu aja ya soal Goa Rancang Kencana.

0 comments :

Post a Comment